Laporan Ojt di ITS Surabaya Pada Minggu Ketiga

Ini adalah Minggu ketiga saya ojt di ITS Surabaya .
Dibawah ini adalah Kegiatan-kegiatan / laporan saya selama berada disana :


Senin, 02 Februari 2009



Pada hari senin kemarin saya browsing Internet untuk mencari tutorial php dan mySql.
Lalu saya pelajari bagaimana cii dasar-dasar php itu .
Di bawah ini sedikit ilmu yang saya pelajari tentang php . Tapi masih dasar-dasarnya saja atau yang paling sederhana . Dan saya belum sepenuhnya mengerti .
Ini adalah scriptnya :

<?php
print ("Anda berada di Blog Febryan!");
?>

Kata-kata dalam tanda kurung adalah teks yang akan di tampilkan oleh browser, sedangkan sisanya merupakan kode PHP.
Tag <?php dan ?> merupakan awal dan akhir skrip, sedangkan karya-karya anda harus diletakkan di tengahnya.
Ua .
Anda bisa menggunakan editor notepad untuk membuatnya dan Jangan lupa saat menyimpan di kotak file name, nama file harus diapit dengan tanda kutip ("coba.php") soalnya kalau tidak begitu, nanti ekstensinya akan jadi txt dan nama filenya jadi coba.php.txt.

Sangat mudah iaa ..

Hhehehe ^^





Selasa, 03 Februari 2009



Pada hari selasa, saya masih mempelajari tentang PHP . Ternyata belajar PHP itu banyak manfaatnya lho .
Diantaranya ;

  • Mengambil informasi dari form berbasis web dan menggunakannya untuk berbagai macam keperluan (menyimpan dalam database, membuat halaman berkondisi berdasarkan isi form, ngirimin e-mail, ngirim e-mail ke pacar secara otomatis saat ultah do’i, pokoknya macem-macemlah);





  • Autentikasi dan menelusuri pengunjung, artinya kita bisa tau pengunjung situs kita itu lebih senang ngeliat halaman yang mana;





  • Melayani halaman yang berbeda-beda tergantung pada penggunaan browser atau peralatan (misalnya kita bisa tahu pengunjung situs kita itu pake IE atau Firefox atau PDA dan memperlakukannya secara berbeda. Kebayangkan kalau layar sekecil PDA dicekokin halaman web standar yang gede?);





  • Menampilkan seluruh halaman situs kita dengan hanya menggunakan satu layout. Kalau halamannya statis, kita harus membuat satu layout untuk satu halaman bisa bete tuh;






  • Pokoknya belajar PHP itu mengasyikkan lhu .
    Dan kita bisa membuat web yang lebih dinamis .
    Hehehehe .....






    Rabu, 04 Februari 2009



    Pada Rabu kemarin, Saya masih mencoba belajar menggabungkan HTML dengan PHP . Ternyata ndag susah kok . Sangat menyenangkan lhu ..
    Iaa ini contoh scriptnya ;

    <html>
    <head>
    <title> Percobaan </title>
    </head>

    <body>

    <font color="red">PHP kode saya akan membuat halaman ini menampilkan:</font>

    <p>

      <?php

      print ("Anda berada di Blog Febryan!");

      ?>


    </body>
    </html>

    Nah, dengan contoh tersebut pasti sudah kelihatan bagaimana cara bekerjanya iaa? HTML tetap diperlakukan sebagaimana HTML pada umumnya, tetapi semua yang berada di antara tag <?php dan ?> akan diproses sebagai PHP. Hasil output dari proses PHP itu yang akan ditampilkan oleh HTML ke browser. Perhatikan bahwa jika anda menyimpan file dengan ekstensi .htm/html, maka browser juga akan muncul akan menampilkan juga tag php namun tidak memprosesnya, sehingga muncul seperti ini :

    <?php

      print ("Anda berada di Blog Febryan!");

      ?>

    Sedangkan jika anda menyimpan dalam ekstensi .php, maka yang muncul hanya :
    Anda berada di Blog Febryan!

    Ternyata ndag susah yawph .
    HHEHEHE ^-^






    Kamis, 05 Februari 2009



    Pada hari Kamis kemarin saya masih tetep belajar PHP . Saya masih mengutak-atik script-script PHP dan masih menggabungkannya dengan HTML. Ya agak pucink cii . Hhehehe .
    Dan saya juga masih mempelajari tutorial-tutorialnya supaya bisa membuat web yang lebih dinamis gthu.
    Hikz ..






    Jum`at, 06 Februari 2009



    Pada hari Jum`at ini saya juga masih belajar PHP dan kini mulai sedikit-sedikit mempelajari tentang database . Iaa database MySql ituu .
    Semakin binund nii . Hhehehe
    Tapi saya akan terus belajar dan berjuang untuk menguasai database . Walaupun ndag semuanya .
    Hikz hikz ..
    Semangadht semangadt semangadth ...
    :)





    Sabtu, 07 Februari 2009



    Setiap hari Sabtu, Saya minta tanda tangan kepada guru pembimbing saya .




    sumber :
    - ilmu komputer.com
    - prothelon.com

    0 komentar:

    Template by : kendhin x-template.blogspot.com